Peran dalam Organisasi
Salah satu dasar terpenting dalam pembentukan struktur dan sistem di dalam perusahaan adalah pembagian peran sumber daya manusia.
Dalam menjalankan fungsi di dalam sebuah organisasi, tentunya tiap individu telah diberitahukan peran-peran apa yang diharapkan darinya. Bila tiap individu benar-benar mendapat ruang dan pada saat yang sama menjalankan perannya dengan baik, maka pengembangan sistem, evaluasi, dan koreksi dapat dengan leluasa dijalankan. Peran ini selain menjadi dasar fungsi tiap individu juga menjadi dasar kerangka evaluasi dan pengembangan sistem.
Karena itu, memastikan bahwa setiap individu benar-benar memahami perannya adalah hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Peran-peran tersebut tertuang dalam berbagai bentuk seperti KPI (key performance indicator), deskripsi kerja, perintah kerja, penunjukan, dan lain sebagainya. Bila kita memang telah dapat melihat pentingnya peran di dalam sebuah organisasi, maka, hal-hal ini perlu disusun dengan baik dan dikembangkan secara berkelanjutan untuk memberikan batasan-batasan yang jelas. Ini adalah peran eksternal yang teramat penting bagi tiap-tiap individu di dalam sebuah organisasi.