API sebagai Tangan Kiri
API melalui produknya Alt+ memilih peran sebagai “tangan kiri” organisasi Anda. Apakah maksud dari analogi ini?
Melihat Kembali Peran Pengembangan SDM
Ketika kita berbicara tentang ‘pengembangan sumber daya manusia (SDM)’, apa yang sebenarnya kita maksudkan?
Pengamatan dan Pengembangan SDM
Alasan diadakannya berbagai program pengembangan SDM sering kali datang dari para pimpinan departemen atau organisasi sehingga proses pengamatan awal tak mendapat tempat dalam penentuan program-program pengembangan SDM.
Keterlibatan sebagai Hambatan
Keterlibatan tak jarang menyebabkan berbagai permasalahan di dalam sebuah organisasi tak kunjung terselesaikan, mengapa demikian?
Apakah Pelatihan Bahasa Penting?
Pelatihan bahasa sering dilihat sebagai pengembangan kemampuan berbahasa semata. Walau sebenarnya, pelatihan bahasa yang dijalankan dengan baik dapat menjangkau jauh lebih daripada itu.
Peran dalam Organisasi
Salah satu dasar terpenting dalam pembentukan struktur dan sistem di dalam perusahaan adalah pembagian peran sumber daya manusia.
Peningkatan Semangat SDM
Tak sedikit energi dan sumber daya digunakan dengan harapan meningkatkan semangat para individu di dalam sebuah organisasi. Namun, apakah dalam melakukannya, kita memahami makna ‘semangat’ itu sendiri?
Melihat Kembali Pengembangan Hubungan SDM
Adalah pengetahuan umum bahwa hubungan interpersonal merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang kemajuan sebuah organisasi. Tanpa adanya hubungan interpersonal yang baik, kemajuan tentu menjadi sulit terjadi dan memerlukan sumber daya yang jauh lebih besar.
Penghamburan Sumber Daya untuk Pengembangan SDM
Pengetahuan mendasari perkembangan segala hal, tak terkecuali tentunya organisasi dan proses pengembangan SDM-nya. Karenanya, pendekatan yang tidak didasari pengetahuan, apakah tentang tingkat kepentingan, kebutuhan, dan keadaan, tentu menjadi sia-sia.
Hubungan Vertikal Bermasalah antara Bawahan dan Atasan
Mari kita berbicara tentang hubungan vertikal yang ada di dalam sebuah organisasi. Sebuah hal yang positif tetapi juga berpotensi menciptakan hambatan yang tak perlu.
Hubungan Data dan Individu dalam Pengembangan SDM
Data, termasuk data yang mendasari dijalankannya program pengembangan SDM, merupakan bagian yang mendasari berbagai kegiatan di dalam sebuah organisasi. Namun, sering kali, bagaimana data-data tersebut secara keseluruhan berinteraksi antar-data melalui sistem yang ada dan data yang tersalurkan antar individu tidak menjadi pertimbangan dalam program pengembangan SDM itu sendiri. Ini sebagian besar karena data dilihat bersifat temporal dan sektoral, sehingga belum dilihat secara keseluruhan sebagai hal yang penting untuk menjadi dasar dan bagian dari materi berbagai program pengembangan SDM dalam organisasi.
Dari Mana Pengembangan Budaya Organisasi Dimulai?
Pertanyaan terpenting di sini adalah: apakah pengenalan akan budaya yang telah berkembang di organisasi itu sendiri telah ada sebelum penentuan sebuah budaya baru?
Hubungan antar Data sebagai Bagian dari Komunikasi Organisasi
Data adalah landasan untuk terbentuknya informasi-informasi yang dikomunikasikan antar-individu dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, perhatian akan data dan hubungan antar-data yang efisien adalah hal yang krusial agar energi pengumpulan, pengolahan, dan pemamfaatannya tidak terbuang sia-sia.
Keperdulian sebagai Sumber Perkembangan
Keperdulian akan peran adalah hal yang penting untuk disadari setiap individu agar perkembangan dapat terjadi secara berkelanjutan. Dengan adanya keperdulian, maka perkembangan menjadi adaptif dan lebih sesuai dengan berbagai perubahan yang sedang terjadi.
perhatian: pengetahuan akan perubahan.
sensitifitas akan perubahan dapat berkembang bila ada pengamatan yang berkelanjutan akan keadaan yang sedang berlangsung.
data-informasi: memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang tepat.
data adalah bagian yang penting dalam proses berkembangnya sebuah organisasi.
tentang pemahaman dalam sebuah komunikasi dalam organisasi.
kata dan rangkaian kata dalam bentuk kalimat adalah bagian penting dan tak terpisahkan dari komunikasi antar individu.
benarkah berubah itu selalu penting?
pada dasarnya perubahan adalah hal yang tak terhindarkan dan selalu terjadi dalam setiap aspek organisasi, tak memandang apakah kita terlibat di dalamnya ataupun tidak.
melihat kembali paradigma melalui pelatihan bahasa.
pelatihan bahasa dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengunjungi dan melihat kembali sudut pandang dan paradigma.
peran kepedulian terhadap inovasi dan pemborosan
kepedulian adalah salah satu sumber energi perkembangan yang efisien dan dapat berkelanjutan.
kejujuran dan kehati-hatian dalam melihat budaya organisasi
pembahasan tentang ‘budaya’ di dunia bisnis dan organisasi dapat sangat kompleks dan berliku, dipenuhi jargon dan kerumitan.
hubungan pelaporan yang seharusnya terpisah
salah satu bentuk hubungan di dalam organisasi selain hubungan vertikal dan horizontal adalah hubungan pelaporan.
solusi untuk tantangan adalah data
data adalah bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai proses di dalam organisasi.
penanganan data yang tepat
data yang dikumpulkan dengan melihat kualitas, manfaat, dan tingkat kepentingannya memudahkan kesinambungan antara kebijakan dan keadaan.
dua sisi potensi digitalisasi data
salah satu keunggulan dari teknologi sistem informasi yang bermanfaat untuk organisasi adalah pengolahan dan penyimpanan data dengan cepat.
pentingnya memahami makna dan batasan peran dalam organisasi
hubungan peran dapat menjadi hubungan yang kompleks karena berhubungan erat dengan hubungan struktural.
gesekan akibat ketidakjelasan peran
hal yang tidak bermanfaat dan sebagian besar dipicu oleh ketidakjelasan adalah gesekan yang muncul di antara para individu yang ada di dalam organisasi.
peran penerjemah informasi yang krusial
salah satu peran penting namun tak terlalu umum adalah peran untuk menganalisa informasi yang terus berkembang di dalam sebuah organisasi.
pemisahan hubungan pelaporan dan hubungan struktural
di banyak organisasi, hubungan pelaporan umumnya berkaitan langsung dengan hubungan struktural antar-individu.